Langsung ke konten utama

NO more October, Here Comes NOvember

... ihsg TIDAK DITUTUP @ 5200 di akhir Nov 2014 seh, tapi TETAP NAEK TRENNYA dibandingkan per Oktober 2014:

.. tren ihsg yang diekspektasikan @ NOV 2014 sbb lah :

INILAHCOM, Jakarta - Jika resistance 5.124 bisa ditembus, IHSG diprediksi berpeluang menguat ke 5.210. Pemodal saham disarankan bermain trading pendek hingga IHSG mencapai kisaran 5.200-an.
Satrio Utomo, kepala riset PT Universal Broker Indonesia mengatakan hal itu kepada INILAHCOM.
Pada perdagangan Jumat (31/10/2014) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 30,698 poin (0,61%) ke 5.089,547. Sepanjang perdagangan, IHSG mencapai level tertingginya 5.089,547 dan terendah 5.060,596. Berikut ini rincian penjelasan dari Satrio:


Pasar Terlihat Galau


IHSG di detik terakhir naik tajam dari 6 poin pada pre-closing menjadi 30,6 poin (0,61%) ke 5.089,54 pada penutupan pukul 16.00 WIB. Pada saat yang sama, pembelian saham dari investor asing juga melonjak.
Kondisi itu merespons Bank of Japan (BoJ) yang mengucurkan paket stimulus untuk mendongkrak inflasi stabil di 2%. Tapi, jika melihat penguatan indeks yang di detik terakhir, pasar telihat galau. Saya tidak tahu apa yang ditunggu.

Stimulus Jepang Bangkitkan Optimisme


Di sisi lain, penguatan indeks di detik terakhir juga menunjukkan optimisme dari Jepang. Pasar optimistis, dana stimulus Jepang bakal mengalir ke Indonesia. Sebab, Jepang dekat dengan Indonesia. Stimulus itu bisa masuk ke Indonesia dalam bentuk pengisian portofolio di Bursa Efek Indonesia (BEI). Orang banyak berharap pada stimulus itu.

Senin Konfirmasi Penguatan IHSG


Dalam sepekan ke depan, IHSG kemungkinan harus dilihat lebih lanjut. Sebab, IHSG masih di posisi resistance. Penutupan indeks masih di tengah-tengah. Sejauh ini, kisaran pergerakan indeks mendatar dalam kisaran support 5.000-5.050 dan resistance 5.107-5.124.
Orang berspekulasi, tren turun IHSG akan segera selesai. Dengan adanya stimulus dari Jepang, diharapkan indeks bisa menembus resistance-nya yang juga akan mendorong penguatan IHSG sepekan ke depan.
Jadi, sepekan ke depan, ada potensi IHSG menembus resistance tersebut. Hanya saja, konfirmasinya baru bisa dilihat Senin (3/11/2014) karena penutupan Jumat (31/10/2014) di tengah-tengah belum memperlihatkan tren baik ke atas maupun ke bawah. Saya sendiri kurang yakin sehingga harus dilihat lebih jauh pada Senin.

Sentimen Makro Relatif Netral


Sentimen dari ekonomi makro seperti inflasi dan neraca perdagangan yang akan dirilis awal November ini, relatif netral. Enggak banyak yang bisa kita harapkan.

Saham-saham Pilihan


Saran saya bagi pelaku pasar, ikuti saja tren pergerakan sahamnya. Jika resistance 5.124 bisa ditembus, IHSG punya peluang menguat ke 5.210.
Untuk saham pilihan, jelas adalah saham-saham yang mencatatkan kinerja keuangan kuartal III-2014 di atas harapan seperti PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), PT Astra Agro Lestari (AALI), PT United Tractor (UNTR), PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) dan pokoknya saham-saham yang kinerjanya pada kuartal III-2014 di atas ekspektasi.
Saham-saham tersebut layak untuk diakumulasi. Jika IHSG tembus 5.124, kita berposisi trading hingga IHSG mencapai kisaran 5.200-an. [jin]

NEW YORK. Standard & Poor's 500 Index berhasil memberhentikan penurunan yang sudah terjadi empat pekan. Acuan indeks Amerika Serikat ini menguat dengan kenaikan terbesar sejak Januari 2013.
S&P 500 naik 4,1% dalam lima hari perdagangan terakhir ke level 1.964,58. Dow Jones Industrial Average menambah 425 poin atau 2,6% ke 16.805,41, dan menjadi pekan terabaiknya sepanjang tahun ini.
Sedangkan Russell 2000 Index yang meperdagangkan saham-saham lebih kecil, menguat untuk pekan kedua, sebesar 3,4% pada pekan lalu. Kenaikan bursa AS juga beriringan dengan penguatan acuan indeks Eropa, Stoxx Europe 600 yang sebesar 2,7%. Ini merupakan penguatan terbaik bursa Eropa sejak Desember lalu.
Bursa AS menanjak di tengah performa laporan keuangan korporasi yang positif dan beberapa aksi korporasi. Investor juga kembali ke lantai bursa mengikuti sinyal penguatan ekonomi.
"Pasar lebih stabil pekan ini. Bersamaan dengan musim laporan keuangan, kami berharap laporan keuangan dan data ekonomi yang menjadi fokus pasar saat ini, lebih baik dibanding perkiraan," kata Patricia Edwards, Managing Director of Investment di Bank Private Client Reserve AS.
Bursa AS mulai reli lagi di akhir pekan lalu, ketika Presiden Federal Reserve Bank di St. Louis James Bullard mengatakan, para pembuat keputusan harus mempertimbangkan ulang penghentian quantitative easing. Pada 16 Oktober, S&P 500 melonjak 6,5%.
Dihitung secara keseluruhan, sepuluh sektor industri S&P mencetak gain sepanjang pekan ini. Sektor kesehatan meloncat 6,6%, teknologi bertambah 4,7%, energi menguat 3,5%.
Saham Caterpillar menguat 4,6% ke US$ 9,44 setelah pembuat alat konstruksi terbesar ini menaikkan proyeksi penjualan akhir tahun. Yahoo reli 13% dan menjadi pekan dengan penguatan terbaik selama tiga tahun.
AbbVie juga meloncat 13% setelah perusahaan penyedia alat kesehatan ini berencana membatalkan pembelian Shire Plc asal Inggris senilai US$ 52 miliar, terkait aturan pajak baru. Shire di bursa London merosot 11%.
IBM rontok 11% sepanjang pekan lalu, sedangkan Amazon.com Inc turun 5,5%.
Editor: Sanny Cicilia
Sumber: Bloomberg



... jika tren IHSG dalam 10 Taon terakhir AKAN BERULANG PADA NOV 2014, maka POSITIFITAS TREN IHSG akan terjadi lage ... namun BBM NAEK MESTI DICATAT ... well, ihsg TETAP NAEK TUH !
... Jokowi said that :

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat kabinet paripurna perdana di Istana Presiden, Jakarta, Senin (27/10).
Rapat dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) dan 34 menteri serta dua wakil menteri yang baru dilantik pukul 11.30 WIB.
Dalam sambutan pembukanya, Jokowi meminta semua menteri agar langsung bekerja dan bekerja cepat. Para menteri tidak perlu ragu dalam bertindak, termasuk masalah organisasi karena ada penggabungan dan pemisahan.
"Rakyat menunggu hasil kerja kita. Kita kerja sejak hari pertama kita kerja. Tidak boleh ragu, termasuk kendala organisasi," katanya.
Dia meminta kepada menteri yang tidak mengalami perubahan organisasi agar segera bekerja dan tancap gas. Namun, sebelumnya, para menteri harus melihat terlebih dahulu organisasi, anggaran, serta kendala yang ada di masing-masing kementerian.
"Tidak perlu menunggu apa-apa lagi. Tetapi, tolong dilihat kementerian, anggaran, dan masalah organisasinya seperti apa," ujarnya.

Penulis: R-14/FIR
Sumber:Suara Pembaruan
... bandingkan dengan pendapat analis neh :

INILAHCOM, Jakarta – Para pemodal di bursa saham disarankan untuk memilih trading pendek. Sebab, untuk jangka panjang, IHSG diprediksi masih diselimuti ketidakpastian.
Muhammad Alfatih, vice president and senior technical analist PT Samuel Securities mengatakan hal itu kepada INILAHCOM. Menurut dia, sejak Juli 2014, saat indeks mulai di atas 5.100, selalu muncul tekanan dari aksi jual yang berarti indeks agak kemahalan. Akan tetapi, sudah beberapa kali, pelemahan IHSG berbalik jadi penguatan dengan cepat yang menunjukkan adanya satu harapan ke depannya.
“Dalam situasi ini, saya hanya menyarankan untuk trading pendek, bukan investasi jangka panjang. Sebab, masih ada hal-hal yang harus ditunggu pasar meskipun sudah ada investor yang sudah melakukan melakukan antisipasi-antisipasi,” ujarnya.
Pada perdagangan Jumat (24/10/2014) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 29,198 poin (0,572%) ke posisi 5.074,320. Intraday tertinggi 5.107,264 dan terendah 5.062,904. Berikut ini wawancara lengkapnya:
Mengakhiri pekan lalu, IHSG melemah 29 poin ke posisi 5.074. Apa yang terjadi?
Kita melihat, sejak Juli 2014, saat indeks mulai di atas 5.100, selalu muncul tekanan dari aksi jual. Kelihatannya, pasar melihat, pada level-level tersebut, IHSG agak kemahalan. Akan tetapi, kita sudah melihat beberapa kali, pelemahan IHSG berbalik jadi penguatan dengan cepat.
Artinya, kondisi tersebut menunjukkan bahwa, di satu sisi big player merasa agak mahal di atas 5.100. Akan tetapi, di sisi lain, ada satu harapan ke depannya untuk bursa saham kita. Konteks ini terkait dengan perkembangan politik. Ada harapan bahwa masalah-masalah lama akan ada jalan keluarnya dengan pendekatan baru dari pemerintahan yang baru.
Bagaimana dengan rencana penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi?
Ya, yang terdekat adalah rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Pasar mencermati kebijaksanaan pemerintahan baru terhadap BBM. Dengan adanya penghematan dari sisi BBM, akan ada dana lebih yang bisa dipakai untuk menjalankan pembangunan-pembangunan yang lain. Sebab, jika mengandalkan yang ada, semuanya sudah sangat mepet. Kenaikan harga BBM itulah yang diharapkan pasar.
Soal formasi kabinet bagaimana?
Sebelum penaikan harga BBB itu, pasar akan mencermati masalah kabinet. Pasar akan melihat, apakah betul-betul bisa mewakili harapan pasar atau tidak. Karena itu, orang juga belum melakukan aksi jual saham secara besar-besaran. Karena itu, fluktuasi IHSG masih dalam kisaran trading.
Lantas, bagaimana Anda melihat arah IHSG sepekan ke depan?
Dalam sepekan ke depan, support IHSG terdekat di level 5.050 dan support berikutnya di 5.000. Di sisi lain, resistance IHSG berada di 5.100. Di atasnya, resistance 5.180.
Apa saran Anda untuk para pemodal di bursa saham?
Dalam situasi ini, saya hanya menyarankan untuk trading pendek saham, bukan investasi jangka panjang. Sebab, masih ada hal-hal yang harus ditunggu pasar meskipun sudah ada investor yang sudah melakukan melakukan antisipasi-antisipasi.
Meski begitu, investasi untuk horison setahun ke depan, saya masih optimistis. Hanya saja, di sisi lain, untuk 2015, ada beberapa hal yang mengkhawatirkan pasar. Misalnya, kemungkinan kenaikan suku bunga di AS. Lalu, pertumbuhan ekonomi dunia yang masih lemah.
Namun demikian, kalau ganjalan-ganjalan yang kita hadapi sebelumnya bisa diatasi, saya optimistis. Seperti masalah BBM dan masalah pemerintahan yang bersih dalam pengertian birokrasi yang lebih transparan terutama bagi pebisnis.
Jika semua itu bisa diatasi, bisa jadi lembaga rating sepeti S&P bisa menaikkan rating Indonesia. Ini tentu akan berpengaruh positif ke pasar saham. Untuk saat ini, saya rekomendasikan trading pendek dulu. Sebab, untuk jangka panjang masih banyak ketidakpastian. [jin]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ihsg per tgl 2-17 OKTOBER 2017 (pra BULLISH November-Desember 2017)_01/10/2019

  RIBUAN PERSEN PLUS @ warteg ot B gw (2015-2017) ada yang + BELASAN RIBU PERSEN (Januari 2017-Oktober 2017) kalo bneran, bulan OKTOBER terjadi CRA$H @ IHSG, well, gw malah bakal hepi banget jadi BURUNG PEMAKAN BANGKAI lah ... pasca diOCEHIN BANYAK ANALIS bahwa VALUASI SAHAM ihsg UDA TERLALU MAHAL, mungkin satu-satunya cara memBIKIN VALUASI jadi MURAH adalah LWAT CRA$H, yang tidak tau disebabkan oleh apa (aka secara misterius)... well, aye siap lah :)  analisis RUDYANTO @ krisis ekonomi ULANGAN 1998 @ 2018... TLKM, telekomunikasi Indonesia, maseh ANJLOK neh, gw buru trus! analisis ringan INVESTASI SAHAM PROPERTI 2017-2018 Bisnis.com,  JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (1/10/2019), akan mendapat sentimen positif dari hijaunya indeks saham Eropa dan Amerika Serikat pada perdagangan terakhir bulan September. Berdasarkan data  Reuters , indeks S&P 500 ditutup menguat 0,50 persen di level 2.976,73, indeks Nasdaq Comp

ihsg per tgl 15 Desember 2014

JAKARTA – Investor asing dipastikan masih bertahan di Indonesia. Kendati bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), menaikkan suku bunga hingga 100 bps tahun depan, imbal hasil (yield) portofolio di Indonesia tetap lebih atraktif, sehingga kenaikan Fed funds rate tidak akan memicu gelombang pembalikan arus modal asing (sudden reversal). Imbal hasil surat utang negara (SUN) dan obligasi korporasi Indonesia bertenor lima tahun saat ini berkisar 7-8%, jauh lebih baik dibanding di Eropa dan AS yang hanya 2-2,5%. Begitu pula dibanding negara-negara lain di Asia, seperti Korea dan Thailand sebesar 2,5-3,5%. Di sisi lain, dengan pertumbuhan laba bersih emiten tahun ini sebesar 10-15% dan price to earning ratio (PER) 14 kali, valuasi saham di bursa domestik tergolong murah. Masih bertahannya investor asing tercermin pada arus modal masuk (capital inflow). Secara year to date, asing membukukan pembelian bersih (net buy) di pasar saham senilai Rp 47,54 triliun. Tren

ISU FUNDAMENTAL perbankan: BBRI, bnii (2022) #1

ASIENk: bbri diintai   BBRI: LCS andalan BBRI : wealth management tumbuh 2021: simpanan orang kaya d perbankan BBRI: restrukturisasi debitur turun UMKM: kredit k perbankan +13,3% / Januari 2022 BBRI: hapus buku utanK (2023) BBRI: optimis kredit 2022   BBRI: sasaran akhir 2022 neh BBRI: bermitra solusi teknologi BBRI: bermetaverse   BBRI: buyback lage   BBRI: tren turun harga saham BBRI 2021: LABA bersih d atas bbca BBRI: jadwal dividen 2021 BBRI: kredit tumbuh d 2022 BBRI: kinerja 2022 diekspektasiken lebe bagus   Per Februari 2022, Perbankan Salurkan Kredit Rp5.741,5 Triliun BBRI: rups bakal ganti direksi BBRI: tren harga saham ctak rekor tertinggi BBRI: market cap Rp 867 T BBRI: makin efisien biaya dananya BBRI: brilink Rp 18,2 T BBRI: 3 taon ke depan BBRI: merek yang TOP BBRI: optimistis 2022 BBRI: #1 @ ihsg   BBRI: dividen Rp 174,23 / saham  BBRI: Rp 43 T lebe dibagikan sbagai DIVIDEN final 2022 BBRI: bagi dividen terbesar bwat pemerintah BBRI: laba bersih naek   BBRI: laba bersih