Langsung ke konten utama

ihsg per tgl 05 September 2014

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak datar di akhir pekan. Sempat dibuka menipis, IHSG balik arah positif tapi dalam rentang yang tipis.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah di posisi Rp 11.777 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.760 per dolar AS.

Pada perdagangan preopening, IHSG menipis 4,956 poin (0,10%) ke level 5.200,366. Sedangkan Indeks LQ45 berkurang 1,242 poin (0,14%) ke level 884,044.

Mengawali perdagangan akhir pekan, Jumat (5/9/2014), IHSG dibuka menguat tipis 3,811 poin (0,07%) ke level 5.209,133. Indeks LQ45 dibuka naik tipis 0,903 poin (0,10%) ke level 886,189.

Aksi beli selektif terjadi di saham-saham lapis dua. Beberapa saham unggulan masih ada yang kena koreksi sehingga menghambat laju IHSG.

Hingga pukul 9.05 waktu JATS, bertambah 7,026 poin (0,13%) ke level 5.212,348. Sementara Indeks LQ45 tumbuh 1,306 poin (0,15%) k elevel 886,592.

Kemarin IHSG terpangkas 18 poin gara-gara aksi ambil untung investor lokal. Indeks pun menjauh dari posisi rekor barunya yang dicetak dua hari lalu

Bisnis.com, JAKARTA— Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak di kisaran 5.189-5.226 pada perdagangan hari ini, Jumat (5/9/2014).
Tim Riset Equity Retail Mandiri Sekuritas memprediksi indeks berfluktuasi dengan kecenderungan menguat terbatas pada hari ini.
"Indeks diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indikator RSI di area 50%, potensi rally lanjutan masih terbuka," paparnya dalam riset Jumat (5/9/2014).
Adapun sejumlah saham yang dinilai perlu untuk dicermati pada hari ini:
Kode
Rekomendasi
Target (Rp)
ADRO
Buy
1.600
SSIA
Speculative Buy
930
ACES
Speculative Buy
1.000
BSDE
Buy on Weakness
1.660
TELE
Speculative Buy
900
 Sumber: Mandiri Sekuritas

Editor : Nurbaiti

kontan Jakarta. Bagi mereka yang jeli, kondisi apa pun bisa melahirkan peluang untuk meraup cuan. Namun, jangan lupa, selalu ada risiko dalam setiap peluang. Jika salah melangkah, bukannya untung malah buntung.
Nasihat di atas juga berlaku untuk investor yang membiakkan duit di bursa saham. Maklum, meski bisa memberikan keuntungan tinggi, investasi saham juga punya tingkat risiko yang tinggi. Apalagi, setelah hajatan pemilihan umum (pemilu), faktor makroekonomi akan kembali menjadi sentimen penentu pergerakan harga saham. Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam jangka pendek juga akan membikin Indeks Harga Saham Gabugan (IHSG) tertekan.
Lukas Setia Atmadja, pengamat pasar modal, mengatakan, banyak tekanan ke IHSG dalam jangka pendek, seperti perlambatan pertumbuhan ekonomi, ruang fiskal yang sempit, defisit transaksi berjalan, dan rencana kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM akan mengerek laju inflasi dan menekan nilai tukar rupiah. Alhasil, pergerakan harga saham ikut tertekan. Namun, dalam jangka panjang, perekonomian akan lebih sehat.
Karena itu, prospek investasi saham juga harus dilihat dalam jangka panjang. Tidak hanya satu semester atau dua semester, investor harus melihat hingga tiga tahun ke depan.
Nah, untuk investasi jangka panjang, investor bisa masuk kapan saja dan dalam situasi apa saja. Cuma, investor atau calon investor harus mencari saham emiten yang memiliki kinerja bagus dengan harga yang murah. Investor juga bisa mencari saham perusahaan yang bagus dengan harga wajar. “Keberadaan saham yang sesuai value investing setiap saat ada tergantung kejelian investor,” kata Lukas.
Bagi Ellen May, praktisi pasar modal, saat ini IHSG sedang berada di persimpangan. Secara teknikal, IHSG tengah menguji area resisten kuat di kisaran 5.200–5.250 dan cukup alot untuk dilewati. Jika terjadi kenaikan harga BBM, IHSG berpotensi terkoreksi dengan support di kisaran 4.700–5.000.
Namun, dalam jangka panjang, jika berhasil melewati level 5.250, IHSG berpeluang melanjutkan tren naik dengan target resisten di kisaran 5.700–6.000. Ellen mengingatkan, target ini tidak akan dicapai dalam hitungan bulan, melainkan dalam jangka satu tahun hingga dua tahun.
Nah, untuk investasi jangka panjang dalam jumlah besar, Ellen menilai, valuasi IHSG saat ini sudah tergolong mahal. Karena itu, calon investor yang ingin membiakkan duit dalam jumlah besar sebaiknya menunggu koreksi cukup dalam agar memperoleh valuasi saham yang murah alias value investing. Calon investor bisa mempertimbangkan kembali saat IHSG berada di area 5.000 atau saat terjadi koreksi mencapai support di level 4.700 seandainya harga BBM naik.
Meski begitu, Ellen mengatakan, boleh saja calon investor masuk ke pasar saham saat ini dengan strategi menabung alias dollar cost averaging. Namun, dana yang dibenamkan sebaiknya tidak dalam jumlah besar. Dengan strategi ini, investor boleh masuk kapan saja asalkan konsisten. Apakah mau memilih strategi value investing atau menabung saham, tergantung dari profil masing-masing investor. “Saya lebih memilih investasi masif dengan menunggu valuasi terdiskon,” kata Ellen.
Senada, praktisi pasar modal Teguh Hidayat mengatakan, calon investor yang mau membeli saham saat ini cukup susah karena harga saham sudah cukup mahal. Calon investor sebaiknya menunggu IHSG turun di level 4.700 jika ingin belanja saham. Pada saat itu, harga saham bakal lebih murah. Pilihan saham juga banyak. Harga saham PT Astra International Tbk (ASII), misalnya, bakal berada di bawah Rp 7.000 per saham.
Tahan untuk sementara
Nah, bagi yang sudah punya saham, Teguh menyarankan, investor sebaiknya tidak buru-buru keluar. Dalam jangka pendek, investor sebaiknya mengambil posisi hold.
Menurut Teguh, melihat kinerja emiten berkapitalisasi pasar besar alias big cap, IHSG secara fundamental berpotensi untuk break new high di posisi 5.300–5.400 pada tahun ini. Peluang bagi IHSG untuk mencapai level lebih tinggi juga terbuka jika dilihat dari sisi price to earning ratio (PER). Menurut Teguh, PER IHSG saat ini sebesar 16,9 kali. Tahun lalu, saat IHSG berada di level 5.200, PER IHSG sebesar 19 kali. Sebelum krisis global tahun 2007, PER IHSG pernah mencapai 12 kali. Itu artinya, ruang kenaikan IHSG masih ada.
Teguh menilai, IHSG masih berada dalam tren naik. Karena itu, investor sebaiknya menahan posisi hingga IHSG menyentuh level 5.300 atau 5.400. Setelah level tersebut tercapai, investor sebaiknya merealisasikan keuntungan alias profit taking dan cari aman terlebih dahulu. Sebab, IHSG bisa turun kapan saja. Teguh memperkirakan, IHSG berpotensi turun hingga level 4.700. “IHSG tidak bisa dipaksa naik terus dan perlu waktu untuk istirahat atau koreksi,” kata Teguh.
Namun, pengamat pasar modal Budi Frensidy menyarankan, investor yang memiliki saham emiten yang sudah mengalami lonjakan kenaikan harga cukup besar sudah pantas profit taking. Sebab, potensi kenaikan harga ke depan terbatas. Sementara, risikonya besar lantaran dana asing bisa keluar sewaktu-waktu.
Menurut Budi, arus dana asing ke bursa saham pada semester II-2014 tidak akan sederas semester I lalu. Apalagi, hanya 59% emiten yang berada di bursa saham mencatatkan kenaikan laba bersih pada semester I-2014. Sisanya mengalami pertumbuhan laba relatif stagnan atau malah turun. “Arus dana asing di semester II akan bergantung pada susunan kabinet pemerintahan Jokowi,” kata Budi.
Pemeritahan baru Joko Widodo-Jusuf Kalla juga bisa menciptakan peluang bagi investor yang jeli. Wahyu Trenggono, investor saham yang juga menjabat sebagai Direktur Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), mengatakan, pemerintahan Jokowi akan fokus dalam pembangunan infrastruktur. Otomatis, saham-saham sektor konstruksi akan punya prospek yang bagus. Jokowi juga akan menggenjot sektor pertanian. Emiten yang berkaitan dengan pertanian tentu akan diuntungkan.
Sebaliknya, Jokowi diperkirakan akan mengurangi subsidi BBM. Selain memicu inflasi, kenaikan harga BBM akan berpengaruh ke penjualan kendaraan. Karena itu, saham perusahaan otomotif dan perusahaan pembiayaan sebaiknya dihindari. Sebaliknya, Wahyu akan memilih emiten yang memiliki fundamental bagus dan bergerak di bidang yang sesuai program pemerintah lima tahun mendatang. “Ini akan menjadi strategi investasi saya sampai akhir tahun,” kata Wahyu.
Satrio Utomo, Kepala Riset Universal Broker, mengamini, selama berinvestasi di saham-saham yang bakal memperoleh sentimen positif dari pemerintahan Jokowi, investor berpotensi memperoleh keuntungan. Namun, untuk sementara ini, Satrio tidak menyarankan investor masuk ke saham sektor perbankan dan otomotif.
Bagi investor jangka panjang dan berani ambil risiko, Lukas menyarankan membeli saham sektor pertambangan dan perkebunan. Maklum, harga saham kedua sektor tersebut saat ini sangat murah lantaran harga komoditas menurun. Namun, dalam lima tahun ke depan, harga komoditas, seperti batubara dan kelapa sawit, bisa kembali naik saat ekonomi dunia sudah pulih. Alhasil, harga saham batubara dan kelapa sawit juga bakal naik.
Meski potensi kenaikan besar, risikonya juga besar. Karena itu, Lukas mengingatkan, investor sebaiknya tidak menaruh semua dana di saham komoditas. Karena investasi jangka panjang, investor juga harus

***Sumber : KONTAN MINGGUAN 48 - XVIII, 2014 Laporan Utama
Editor: Imanuel Alexander

Komentar

  1. Halo semuanya
    Saya Ahmed Sabindut dan membawa kepada Anda informasi yang sangat penting tentang pinjaman dan saya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda harus bijak tentang bagaimana cara Anda memberi pinjaman di internet karena banyak dari pemberi pinjaman pinjaman online penipu mereka tidak nyata dan saya punya menjadi korban bagi banyak pemberi pinjaman palsu online
    Seperti yang mereka katakan, "Nothing Gose for Nothing", jadi saya harus membayar untuk mendapatkan pinjaman dari mereka dan setelah banyak janji manis, itulah cara mereka merobek uang hasil jerih payah saya. Semua harapan hilang saya tidak bisa memberi tahu istri saya apa yang bahagia dan saya sekarat dalam diam tidak ada uang untuk membeli susu untuk anak saya dan biaya kuliah saya juga harus membayar dan uang bisnis saya telah digunakan untuk membayar perusahaan pinjaman. Suatu hari saya setia ada di internet ketika saya melihat iklan dari sebuah perusahaan pinjaman bernama GLOBAL FUND FOUNDATION mengatakan bahwa mereka memperlakukan setiap orang sama-sama terlepas dari nilai kredit mereka dan mereka terdengar sangat percaya diri pada iklan tersebut
    Saya mengambil gmailaddress YAYASAN GLOBAL dan saya bertemu perusahaan, mereka menyambut saya dan meminta informasi saya yang saya berikan kepada mereka dan pergi melalui proses pinjaman mereka dan setelah ketika seorang pengacara bertemu saya dan memberi saya lebih banyak informasi tentang aplikasi pinjaman saya dan perusahaannya keyakinan jika saya gagal membayar kembali jadi saya meyakinkan pengacara bahwa saya akan membayar kembali setelah set dan selesai mereka memberi saya dokumen oan saya untuk mencetak pada saat itulah saya tahu saya dengan pemberi pinjaman yang tepat sehingga saya mencetak dokumen yang ditandatangani dan mengirim pindaian salinan dokumen kepada mereka pergi melalui tahap akhir pinjaman saya sehingga perusahaan meyakinkan saya bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya karena waktu hilang untuk melakukan transfer kepada saya dan mereka meyakinkan sehingga saya berharap dan berdoa dan untuk saya surpise surpise pinjaman saya dari 350 juta dikreditkan ke akun saya saya tidak percaya jadi saya berlari ke bank dan menemukan bahwa uang itu masuk.
    JADI INI ADALAH PEMBUKA MATA UNTUK SEMUA KAMU KELUAR UNTUK MENCARI PINJAMAN, JANGAN MEMBERI DAN ANDA JUGA BISA MENDAFTAR
    YAYASAN PENDANAAN GLOBAL $$$$ globalfundfoundation9@gmail.com $$$$$

    BalasHapus
  2. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  3. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  5. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  6. Nama saya Ny. Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa saat, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh '' Dian Pelangi "perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta dari pemberi pinjaman buruk padanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia mengatakan kepada saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya memanggilnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba membagikan kabar baik saya agar orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
    Ini email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Nama: Yanti Ari
    Nomor telepon saya: +62 821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
    Kota: Medan
    Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

    Saya berdoa semoga Allah memberi orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan ketika saya diselamatkan. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang-orang saya jatuh ke tangan pencuri !!!

    BalasHapus
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ihsg per tgl 2-17 OKTOBER 2017 (pra BULLISH November-Desember 2017)_01/10/2019

  RIBUAN PERSEN PLUS @ warteg ot B gw (2015-2017) ada yang + BELASAN RIBU PERSEN (Januari 2017-Oktober 2017) kalo bneran, bulan OKTOBER terjadi CRA$H @ IHSG, well, gw malah bakal hepi banget jadi BURUNG PEMAKAN BANGKAI lah ... pasca diOCEHIN BANYAK ANALIS bahwa VALUASI SAHAM ihsg UDA TERLALU MAHAL, mungkin satu-satunya cara memBIKIN VALUASI jadi MURAH adalah LWAT CRA$H, yang tidak tau disebabkan oleh apa (aka secara misterius)... well, aye siap lah :)  analisis RUDYANTO @ krisis ekonomi ULANGAN 1998 @ 2018... TLKM, telekomunikasi Indonesia, maseh ANJLOK neh, gw buru trus! analisis ringan INVESTASI SAHAM PROPERTI 2017-2018 Bisnis.com,  JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (1/10/2019), akan mendapat sentimen positif dari hijaunya indeks saham Eropa dan Amerika Serikat pada perdagangan terakhir bulan September. Berdasarkan data  Reuters , indeks S&P 500 ditutup menguat 0,50 persen di level 2.976,73, indeks Nasdaq Comp

ihsg per tgl 15 Desember 2014

JAKARTA – Investor asing dipastikan masih bertahan di Indonesia. Kendati bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), menaikkan suku bunga hingga 100 bps tahun depan, imbal hasil (yield) portofolio di Indonesia tetap lebih atraktif, sehingga kenaikan Fed funds rate tidak akan memicu gelombang pembalikan arus modal asing (sudden reversal). Imbal hasil surat utang negara (SUN) dan obligasi korporasi Indonesia bertenor lima tahun saat ini berkisar 7-8%, jauh lebih baik dibanding di Eropa dan AS yang hanya 2-2,5%. Begitu pula dibanding negara-negara lain di Asia, seperti Korea dan Thailand sebesar 2,5-3,5%. Di sisi lain, dengan pertumbuhan laba bersih emiten tahun ini sebesar 10-15% dan price to earning ratio (PER) 14 kali, valuasi saham di bursa domestik tergolong murah. Masih bertahannya investor asing tercermin pada arus modal masuk (capital inflow). Secara year to date, asing membukukan pembelian bersih (net buy) di pasar saham senilai Rp 47,54 triliun. Tren

ISU FUNDAMENTAL perbankan: BBRI, bnii (2022) #1

ASIENk: bbri diintai   BBRI: LCS andalan BBRI : wealth management tumbuh 2021: simpanan orang kaya d perbankan BBRI: restrukturisasi debitur turun UMKM: kredit k perbankan +13,3% / Januari 2022 BBRI: hapus buku utanK (2023) BBRI: optimis kredit 2022   BBRI: sasaran akhir 2022 neh BBRI: bermitra solusi teknologi BBRI: bermetaverse   BBRI: buyback lage   BBRI: tren turun harga saham BBRI 2021: LABA bersih d atas bbca BBRI: jadwal dividen 2021 BBRI: kredit tumbuh d 2022 BBRI: kinerja 2022 diekspektasiken lebe bagus   Per Februari 2022, Perbankan Salurkan Kredit Rp5.741,5 Triliun BBRI: rups bakal ganti direksi BBRI: tren harga saham ctak rekor tertinggi BBRI: market cap Rp 867 T BBRI: makin efisien biaya dananya BBRI: brilink Rp 18,2 T BBRI: 3 taon ke depan BBRI: merek yang TOP BBRI: optimistis 2022 BBRI: #1 @ ihsg   BBRI: dividen Rp 174,23 / saham  BBRI: Rp 43 T lebe dibagikan sbagai DIVIDEN final 2022 BBRI: bagi dividen terbesar bwat pemerintah BBRI: laba bersih naek   BBRI: laba bersih